Resume: Fit for the Future


Fit for the Future: A Sharing of Experience
Narasumber: Ahmadsyah Alghozi Nugroho

            Bapak Amadsyah Alghozi Nugroho atau biasa akrab disapa pak “Holly” merupakan alumni Informatika ITS yang lulus pada tahun 2001. Kemudian beliau melanjutkan kuliah S2 di Universitas Indonesia untuk mendalami di bidang manajemen. Beliau meniti karirnya dengan menguasai database menggunakan Oracle. Beliau mengaku bahwa dulu beliau sebenarnya bukanlah juara kelas atau murid yang berada diatas rata-rata. Beliau hanyalah murid biasa yang memiliki niat yang besar.

            Pak Holly memaparkan bahwa jika kita ingin sukses, sebelum melakukan action kita harus sudah memiliki interest yang kuat pada suatu hal tersebut, karena semuanya bergantung pada niat. Dengan berpegang pada pedoman Man jadda wa jadda, kita harus menentukan suatu hal dimana kita memiliki ketertarikan lebih, lalu setelah itu baru kita merealisasikan passion kita tersebut dengan bersungguh-sungguh.

            Untuk mendapatkan motivasi dari tujuannya, Pak Holly mendapat inspirasi dari temannya untuk membuat Vision Board. Disana beliau menempelkan gambar-gambar tujuan hidupnya, mulai dari pergi keluar negeri, kerja di perusahaan minyak, dan hidup berkecukupan. Hal ini membantu untuk mempertahankan semangat dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

            Pak Holly juga menekankan bahwa kita sebagai generasi muda jangan selalau terpaku untuk menjadi specialist atau generalist. Kita harus mempersiapkan diri untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pasar yang ada. Seorang specialist mungkin akan lebih cepat mendapatkan pekerjaan, akan tetapi seorang generalist meskipun lebih lama dalam mendapat kerja, kemungkinan jika telah diterima posisinya akan lebih tinggi daripada seorang specialist. Disini kita harus mampu menjadi keduanya sesuai dengan kebutuhan.

            Untuk mendongkrak karir kita, kita harus menguasai beberapa skill-skill yang krusial, diantaranya adalah IT skills, Leadership skills, Business skills, Domain skills, Communication skills, dan Networking skills. Beberapa keahlian ini sangat dibutuhkan ketika kita akan terjun ke dunia kerja sehingga kita harus mulai mengasahnya selagi masih muda.

            Keadaan IT kedepannya akan selalu berkembang. Kita sebagai mahasiswa IT harus  sadar dan mengikuti arah perkembangan teknologi yang semakin pesat agar tidak ketinggalan. Beberapa perkembangan teknologi di tahun 2020 diantaranya adalah: 5G, AI & Machine Learning, Connected & Automated transportation, UX/CX & privacy, Cloud Computing, dan masih banyak lagi.


Comments

Popular Posts